10 Buah Di Sekelilingmu Yang Sangat Kaya Manfaat

Buah adalah asupan gizi penyempurna dalam menu konsumsi harian kita. Tidak bisa di pungkiri, kandungan vitamin pada buah-buahan sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Sayangnya, seringkali kita menganggap remeh kasiat-kasiat luar biasa yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi buah meskipun ada disekitar kita.

Berikut ini beberapa buah kaya manfaat yang sangat mudah didapatkan disekitar kita:

1. Jambu Biji


Buah ini mengandung vitamin C paling tinggi. Dalam satu buah jambu biji, terdapat lebih dari 200 mg vitamin C, melebihi kandungan vitamin C yang dimiliki oleh jeruk (50-70 mg dalam satu buah). Jambu biji juga memiliki kandungan serat tinggi yang sangat baik untuk tubuh

2. Pepaya


Pepaya mengandung banyak sekali nutrisi, bahkan sangat kaya akan vitamin C. Satu buah pepaya setidaknya mengandung 235 mg Vitamin CJumlah tersebut 2-3 kali lebih banyak dari rekomendasi harian yang disarankan. Tidak hanya itu, pepaya juga mengandung nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh, yaitu Vitamin A, vitamin B1, B3, B5, vitamin E, vitamin K, likopen, serat, kalsium, potasium, Float, dan magnesium. Dengan segudang nutrisi tersebut, pepaya memberikan begitu banyak manfaat bagi kesehatan.

3. Sirsak


Siapa yang tidak suka sirsak? Rasanya memang sedikit asam, dagingnya kenyal, tapi sangat menyegarkan. Siapa sangka buah ini memiliki manfaat yang menakjubkan untuk kesehatan? Kandungan yang terdapat dalam sirsak mampu menyembuhkan berbagai penyakit kulit , bahkan katanya dapat menyembuhkan kanker tertentu.

4. Jeruk Nipis


Jeruk nipis pun ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti meredakan batuk, melancarkan pencernaan, mengatasi gangguan pernafasan, mengatasi masalah peradadangan tulang, menangkal radikal bebas sumber penyakit kanker, tumor dsb. Tak hanya sampai disitu, ternyata buah asam satu ini baik untuk kecantikan wajah, mengatasi permasalahan pada rambut seperti ketombe, kulit kepala berminyak dll.

5. Kedondong


Buah yang memiliki rasa asam dan kecut ini sekarang sudah mulai langka. Namun meskipun rasanya asam, khasiat buah satu ini jangan diragukan lagi, baik untuk kesehatan jantung, mengatasi anemia, menjaga kesehatan tulang dan gigi, mengatasi masalah pencernaan, mengendalikan kadar kolesterol, dan memulihkan luka. Manfaat tersebut didapat dari kandungan nutrisi kedondong seperti kalsium, vitamin, zat besi, fosfor,  protein, energi, lemak, dan karbohidrat.

6. Markisa


Buah satu ini zaman sekarang terbilang langka. Meskipun rasanya benar-benar asam, markisa memiliki banyak khasiat juga, lho. Mulai dari mencegah kanker, meningkatkan imun tubuh, menjaga kesehatan mata, melancarkan pencernaan, mengobati asma, mengobati diabetes, menguatkan tulang dll. Kandungan nutrisi dalam markisa meliputi vitamin C, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin E, serat, zat besi, kalium, kalsium,  magnesium, fosfor,  tembaga, selenium, dan zinc.

7. Belimbing Wuluh


Buah yang biasa dijadikan sebagai pelengkap makanan ini memiliki rasa asam yang terbilang ekstrem. Namun dibalik rasanya yang asam memiliki sejuta manfaat, lho. Berkhasiat untuk mengatasi alergi, meredakan demam, batuk dan flu, mengatasi diabetes, tekanan darah tinggi, wasir, menjaga kesehatan gigi dan tulang, serta meredakan rasa nyeri.

Kandungan nutrisi dalam belimbing wuluh meliputi vitamin A, C, vitamin B kompleks. Kandungan mineral mencakup fosfor, kalsium, dan zat besi serta mengandung antioksidan yang berkhasiat menangkal radikal bebas yang membahayakan bagi tubuh.

8. Tomat


Tomat pun menjadi salah satu buah-buahan yang terbilang memiliki rasa asam, buah yang satu ini lebih sering dijadikan bumbu rempah untuk masakan. Tomat menjadi salah satu buah-buahan asam yang memiliki gizi tinggi juga, lho. Tomat yang dalam bahasa Inggris bernama tomato mengandung serat, vitamin, mineral, kalsium, fosfor, magnesium, sodium, zat besi, sodium, karbohidrat, lemak dan antioksidan dan bermanfaat untuk mencegah kanker, kesehatan jantung, melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan mata, memperkuat tulang, menjaga kesehatan kulit dll

9. Nanas


Mungkin bagi sebagian orang, nanas jadi buah yang tidak terlalu disukai. Namun apakah kamu tahu bahwa buah nanas memiliki kandungan nutrisi yang luar biasa?

Sekitar 340 gram buah nanas dapat mencukupi 131 persen dari asupan vitamin C harian yang disarankan (RDI) dan juga 76 persen mangan. Selain itu, nanas juga mengandung bromelain, yakni campuran enzim yang diketahui dapat mencegah inflamasi dan mampu mencerna protein. Beberapa studi pada hewan juga menyebutkan buah berwarna kuning ini bisa mencegah kanker dan pertumbuhan tumor. 

10. Mangga


Mangga juga bisa menjadi sumber terbaik vitamin C. Kandungan serat mudah larutnya bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Ditambah lagi, kandungan antioksidan dan antiinflamasi yang kuat bisa membantu mengurangi risiko beberapa penyakit.

Dalam studi pada hewan, kandungan nutrisi dalam buah mangga terbukti dapat mencegah penyakit diabetes.

Itulah 10 rekomendasi buah yang sangat bermanfaat, dan ada di sekelilingmu. Jadi, jangan sampai gak makan buah hari ini.

Food, Tips & Trik
Rekomendasi
Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Direktori