10 Portal Berita Paling Terkenal di Purworejo

Sebagai makhkuk yang diberi akal manusia mempunyai kecenderungan membutuhkan informasi. Bahkan, di zaman serba gawai yang memudahkan akses informasi ini, kebutuhan akan informasi telah menempati posisi yang sama pentingnya dengan kebutuhan dasar lain seperti ‘madyang’ kalau kata Pak Babin.

Lihat saja pemandangan di sekitar kita. Hari ini, hampir semua orang memegang gawai meski dengan kebutuhan yang berbeda. Ada yang bermain game, ada yang jualan online dan yang tidak bisa ditinggalkan adalah mencari informasi itu sendiri. Mencari informasi pun beraneka ragam maksud dan tujuan. Ada yang mencari jawaban akan pertanyaan gurunya di sekolah, ada yang mencari pemecahan permasalahan agama dan ada yang mencari kebutuhan informasi dalam bentu berita.

Pada kesempatan kali ini, wagers akan menyoroti poin terakhir yakni soal kebutuhan masyarakat mendapatkan berita. Dalam perkembangannya ada banyak sekali model portal berita yang muncul ditengah-tengah kita. Sebut saja detik yang berusaha menyajikan berita secepat mungkin, sesuai dengan namanya. Kuantitas menjadi ciri utama portal ini, jika mesti diperbandingkan dengan kualitas berita. Biasanya detik memilih memotong satu peristiwa ke dalam banyak sudut berita meski hasilnya setiap berita hanya menyajika tiga atau empat paragraf. Bahkan, dalam beberapa potongan berita itu terkesan banyak paragraf yang diulang-ulang antar berita satu dengan yang lainnya.

Atau, di sisi sebaliknya ada Tirto yang sejak kemunculannya memang melawan pakem bahwa ‘Berita Harus Cepat’. Tirto tampaknya lebih ingin menonjolkan ke kedalaman isi ketimbang mesti dikejar-kejar waktu meng update berita per detik. Meski pada praktiknya Tirto juga cukup sering update berita. Tapi jeals-jelas keduanya, detik dan tirto ini sangat berbeda.

Tentu masih ada banyak sekali portal berita, baik yang condong ke madzhab detik maupun madzhab tirto. Semuanya sah-sah saja. Toh, ukuran kesuksesan mereka berbeda-beda. Namun, jika membicarakan soal popularitas semua portal tersebut tak bisa mengesampingkan ‘cara kerja’ Google.

Nah, yang jadi pertanyaan menarik, di kota yang ‘mulyo’ ini sebenarnya portal apa saja yang dipercayai masyarakat sih. Berikut ini adalah 10 daftar portal berita paling populer di Purworejo berdasarkan algoritma Google.

  1. detik.com/tag/purworejo
  2. purworejo.sorot.co
  3. liputan6.com/tag/purworejo
  4. tribunnews.com/tag/purworejo
  5. purworejonews.com
  6. suara.com/tag/purworejo
  7. indeks.kompas.com/tag/purworejo
  8. krjogja.com/web/news/tag/purworejo
  9. jpnn.com/tag/purworejo
  10. rmoljateng.com/read/2019/07/10/20418/Polres-Purworejo-Tangkap-Pengedar-Pil-Sapi-

Melihat hasil pencarian tersebut setidaknya ada beberapa hal yang bisa kita simpulkan. Pertama, Google memandang penting merk. Ini menjelaskan mengapa 10 urutan pertama hasil pencarian untuk portal berita populer di Purworejo dikuasai oleh media nasional. Padahal soal update, detik yang terkenal cepat pun termasuk lambat. Berita terakhir tertanggal 8 Juli 2019. Lain lagi dengan liputan 6 yang mengambil strategi menulis berita-berita ber genre pop semisal artikelnya yang terbaru berjudul, “6 Wisata Purworejo Dengan Alamnya Yang Menarik Dan Mempesona”. Untuk urusan update berita, beberapa portal nasional yang masuk ke 10 besar bahkan tergolong lambat. Sebagai merk berita besar, mereka memiliki kredibilitas lebih di mata Google. Biasanya ditunjukkan dengan sebaran link secara global yang masiv. Masyarakat di Indonesia cenderung membagikan link berita dari portal-portal berita tersebut.

Kedua, sebagai portal berita regional strategi sorot membangun link terintegrasi membuahkan hasil yang memuaskan. Dulu web-web sorot di masing-masing daerah memiliki link atau alamat web yang tidak saling berkaitan. Strategi menjadikannya satu level domain menjadikan web-web sorot saling dukung dan menguatkan di hasil pencarian Google. Uniknya dalam kasus ‘sorot’, keyword yang paling banyak menyumbang popularitasnya adalah berita tentang kecelakaan. Beberapa poin tersebut ditambah dengan sharink link yang dilakukan secara masif di media sosial mengantarkan sorot bertengger di posisi 2 Google.

Selain sorot, purworejonews juga menjadi portal berita lokal yang berhasil masuk 10 besar. Satu hal penting yang menjadikan purworejonews masuk ke 10 besar adalah nama dan alamat web nya itu sendiri. Tiga hal pokok paling mudah menghadapi persaingan popularitas di Google adalah menentukan ‘Nama web, alamat web dan deskripsi web’ yang sesuai dengan kata kunci yang ditembak. Saya pikir, jika salah satu dari ketiganya saja dirubah pasti posisinya bakal rontok. Apalagi kalau ketiga-tiganya. Namun diluar itu, sebagai portal yang sudah 13 tahun menulis tentang purworejo, menjadikan purworejonews bersaing dengan sorot sebagai portal berita lokal paling kaya berita dan paling banyak memberikan informasi kepada masyarakat Purworejo.

Demikian sahabat wagers sedikit ulasan tentang 10 Portal Berita Paling Terkenal di Purworejo. Tambahkan pendapatmu di kolom komentar ya.

Eitsss kalau wagers gimana nih, yaaa namanya saja baru dibuat hehe. Jangan lupa ikuti wagers di instagram: https://instagram.com/wagers.id dan di facebook https://facebook.com/wagers.id

Berita, Purworejo
,
Rekomendasi
Populer

4 Comments. Leave new

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Direktori
Menu