Beberapa Orang Terganggu Dengan Preview Gambar Baru Google

Yak, Google sudah menjadi semacam lemari besar yang memenuhi segala kebutuhan kita saat ini. Segala informasi yang kita cari rasa-rasanya telah disediakan, termasuk dalam pencarian gambar.

Namun, jika kamu teliti, Google baru saja membuat perubahan tampilan preview di pencari gambar. Jika sebelumnya bilah preview ada di bagian tengah, kini bilah tersebut ditampilkan di sisi kanan. Sayangnya, meski telah diujicobakan selama beberapa bulan, orang-orang justru merasa terganggu dan tidak menyukai perubahan tersebut.

Hilangnya Tombol ‘View Image’
Pengguna Google sangat membutuhkan tombol ini untuk menyimpan langsung gambar ke komputer. Pada tampilan yang baru tombol itu dihilangkan. Kami merasa perubahan itu dimaksudkan untuk mengalihkan lalu lintas pencari gambar ke web pemilik konten gambar sebelum melakukan download. Dulu, ketika orang mencari gambar maka alur yang terjadi adalah, Ketik Keword -> Pilih Gambar -> Muncul Preview -> Klik View Image / Tampilkan Gambar -> Download. Alur ini memberikan kerugian pada web pemilik konten gambar karena mereka tidak dikunjungi sama sekali. Dengan alur yang baru, sebelum orang download, ia harus lebih dahulu masuk ke web pemilik konten. Ini adil bagi pemilik web, namun menjadikan pencarian Google tidak praktis. Dan ini dibenci oleh netizen.

Ukuran Pratinjau
Permasalahan kedua adalah ukuran pratinjau menjadi sangat terbatas. Gmbar-gambar berukuran besar akan tampak sama saja pada bilah preview di sisi kanan karena keterbatasan area. Padahal, esensi preview adalah untuk menampilkan gambar dengan lebih baik, salah satunya dari segi ukuran.

Yah, meski begitu ada hal positif yang bisa kita dapatkan dari preview terbaru ini, yakni kita dapat dengan mudah berpindah dari gambar satu ke gambar yang lainnya tanpa keluar dari jendela preview.

Tampilan baru Google

Namun bagi sahabat wagers yang menjadi bagian dari netizen yang bermasalah dengan perubahan itu, bisa memilih beberapa langkah di bawah ini:

Gunakan Ekstensi Browser/Chrome
Cari saja ekstensi ‘View Image Exstension’ untuk memunculkan kembali preview dan tombol-tombol yang ada pada versi Google Image terdahulu.

Beralih Ke Mesin Pencari Yang Lain
Faktanya meski Google sedemikian populer di tengah-tengah kita, ada banyak sekali pilihan mesin pencari yang malah lebih baik di beberapa hal soal pencarian gambar. Misalnya saja, DuckDuckGo yang memiliki kelebihan pada privasi dan tampilannya hampir persis dengan Google lama. Atau Yandex yang memiliki banyak pilihan ukuran download untuk pencarian gambar. Silahkan sahabat wagers coba. Semoga bermanfaat.

Rekomendasi
Populer

8 Comments. Leave new

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Direktori
Menu