Etika Penggunaan Teknologi

Etika Penggunaan Teknologi Di Kantor Yang Harus Kamu Ketahui

Dunia yang semakin terbuka dengan teknologi tidak melulu memberikan kabar baik, banyak hal yang terjadi di sekitar kita tiba-tiba menjadi buruk. Orang tua tak lagi leluasa mengobrolkan banyak hal dengan anaknya karena masing-masing anggota keluarga kini lebih disibukkan dengan gadgetnya. Atau, kafe-kafe yang terisi penuh orang hanya karena koneksi wifi. Parahnya, mereka tak saling berbincang malahan lebih memilih untuk menundukkan kepala menatap layar gadgetnya sendiri-sendiri. Maniak game cenderung tak mau diganggu urusan sepenting apapun ketika ia sedang melakukan pertempuran. Pada situasi darurat semacam kecelakaan yang terlintas pertama di pikiran orang-orang tertuju kepada bagaimana mereka mesti ‘memotret’ bukannya bagaimana mesti ‘menolong’. Itu benar-benar menyebalkan bagi banyak orang yang masih peduli terhadap kondisi sosial, dan uh tampaknya benar-benar mengkhawatirkan terhadap pola komunikasi manusia di abad ini. Kita memasuki era serba digital dengan berbagai kemudahan, tapi di ‘balik koin’ kita menemukan sedemikian banyak permasalahan kepekaan sosial.

Pada serial #TechEtiqutte wagers pernah membahas mengenai situasi menyebalkan karena charger hp kita diambil orang. Ya, silahkan di baca di: Tech Etiquette: Mengambil Charger Ponsel Orang Lain Adalah Sesuatu Yang BurukDan ternyata masih ada banyak sekali persoalan kehidupan kita menyangkut teknologi yang ada di sekeliling kita. Tampaknya, ini sangat terpengaruh dengan bagaimana kini orang ‘sangat suka menggunakan teknologi’ namun tak mempertahankan ‘kepekaan sosial’ mereka. Berikut kami rangkum beberapa permasalahan yang berhubungan dengan etika penggunaan teknologi, khusunya di tempat kerja.

Berbicara Di Telepon

Ada fakta menarik bahwa kebanyakan orang akan berbicara dengan keras ketika berbicara dengan telepon mereka. Ini memang bisa dipahami karena orang-orang cenderung ingin memastikan percakapan mereka di dengar. Namun, berbicara dengan keras ‘pada ponsel’ di antara orang-orang yang secara nyata ada di dekat kita tampaknya cukup mengganggu. Akan lebih bijak apabila kita mencari tempat yang agak sepi agar orang tidak merasa terganggu ketika sedang menyelesaikan beberapa kerjaan kantor. Dan, usahakan berbicara secukupnya karena ini tempat kerja.

Membatasi Menggunakan Sosial Media

Sekali lagi, kita berada pada situasi jam kerja. Usahakan untuk membatasi penggunaan media sosial. Gunakan jam istirahat jika memang butuh untuk berselancar secara bebas. Banyak orang mengamati jam kerjamu. Bahkan mungkin rekaman komputermu setiap hari di cek bosmu. Sama halnya ketika kamu ingin melakukan browsing dan mencari informasi-informasi yang tidak berkaitan dengan pekerjaan. Kebiasaan ini dapat memperlambat kerja dan tidak baik untuk jangka panjang.

Pengisian Perangkat

Ada banyak permasalahan yang timbul gara-gara pengisian perangkat. Kebanyakan disebabkan karena penggunaan tanpa ijin. Ya, kamu bisa membacanya lagi di Tech Etiquette: Mengambil Charger Ponsel Orang Lain Adalah Sesuatu Yang Buruk

Memainkan Handphone Saat Rapat

Memainkan hadphone atau laptop saat rapat memberikan kesan kamu kurang menghargai situasi rapat. Lebih parahnya ini menjadikanmu tidak fokus terhadap isi rapat dan berpotensi kehilangan poin-poin penting rapat. Ini juga sangat menganggu orang lain yang serius mengikuti rapat.

Jangan Lupa, Tintanya Diisi!

Meminjam printer di meja rekan kerja untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan sangat diperbolehkan. Tapi pastikan untuk menjadi peminjam yang bertanggung jawab. Disamping mremohon ijin ada baiknya memperhatikan kondisi tinta printer baik sebelum atau sesudah digunakan. Jika habis, bantu temanmu mengisi ulang.

Email Kantor Adalah Email Untuk Bekerja

Kadangkala gadget atau komputer kita terhubung dengan email resmi kantor tempat bekerja. Gunakan email hanya untuk keperluan-keperluan kanto dan bukan keperluan pribadi.

Mengajak Virus Ke Kantor

Jangan asal mencolokkan flashdisk ke komputer orang lain. Ini beresiko menjadi masalah ketika tiba-tiba file di komputer termakan virus. Berusahalah memiliki perlindungan yang baik terhadap flashdisk kerjamu. Usahakan flashdisk kerja adalah flashdisk khusus yang tidak ditancapakan di sembarang komputer di sembarang tempat: rumah, rumah teman, warnet dan lain sebagainya. Jangan mengajak virus bekerja di kantor, ini hanya mendatangkan masalah.

Jangan Jadi Tukang Intip

Tidak perlu banyak penjalasan. Kebanyakan orang tidak suka jika aktivitasnya di gadget atau komputer diintip orang lain. Era digital memang melahirkan banyak stalker-stalker yang tidak jelas. Rasa penasaran tidak selamanya membawa kepada hal-hal yang baik.

Setidaknya itu beberapa hal yang mesti diperhatikan terkait etika penggunaan teknologi khususnya dalam keseharian kita di tempat kerja. Berteknologilah dengan bijak.

Rekomendasi
Populer

6 Comments. Leave new

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Direktori
Menu