Hal Yang Harus Kamu Perhatikan Saat Bermain Futsal

Olahraga futsal sangat dikenal oleh masyarakat di Indonesia. Olahraga ini sangat disukai oleh semua kalangan karena bermainnya tidak harus di lapangan yang luas seperti sepakbola, apalagi di kota-kota besar yang sangat sulit menemukan lapangan sepakbola.


Masih banyak pemain olahraga futsal yang mengabaikan hal-hal yang dianggap sepele namun dapat berakibat fatal ketika bermain futsal. Supaya olahraga futsal yang dilakukan dapat memberikan manfaat dan aman serta mengurangi resiko-resiko yang tidak diinginkan.

Melakukan Pemanasan

Membiasakan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum bermain futsal. Memulai pemanasan dari tubuh bagian atas sampai kebawah supaya tidak terjadi kram atau cidera pada otot saat bermain futsal seperti lari-lari kecil dahulu atau melakukan passing-passing pendek dengan pemain lain agar otot menjadi lemas dan tidak tegang,


Banyak pemain futsal yang langsung melakukan tendangan keras ketika masuk lapangan padahal hal tersebut dapat memicu terjadinya cidera pada otot atau kram otot.  Melakukan pemanasan akan lebih menyenangkan jika dilakukan bersama-sama, maka mintalah salah satu pemain untuk memimpin pemanasan tersebut.

Menggunakan Peralatan Futsal

Pergunakan peralatan futsal dengan baik sebelum mulai bermain futsal. Salah satunya adalah sepatu futsal (lihat Tips memilihsepatu futsal), gunanya adalah untuk melindungi kaki kita dari benturan dan gesekan yang dapat mengakibatkan cidera atau luka. Gunakan sepatu khusus untuk futsal dan jangan memakai sepatu sepakbola yang ada pull karena itu dapat membahayakan pemain lain. Jika bermain di lapangan yang menggunakan rumput sintetis maka dapat memakai sepatu futsal dengan sol biasa atau sepatu futsal dengan pull pendek/ type Turf.

Peralatan yang selanjutnya adalah decker kaki, tapi ini sifatnya tidak wajib karena dalam futsal dilarang melakukan Sliding Tackle. Demi keamanan tubuh sebaiknya gunakan decker kaki ini untuk melindungi tulang kering kita dari benturan.

Melakukan Passing-passing pendek

Dalam futsal sangat dianjurkan melakukan passing-passing pendek yang merupakan senjata ampuh untuk membongkar pertahanan lawan, karena kondisi lapangan futsal yang tidak luas dan dibutuhkan aliran bola yang cepat dan akurat. Bermain dengan bola-bola jauh dapat dilakukan dalam kondisi-kondisi tertentu dan harus diperhatikan akurasi ketika mengangkat bola untuk operan-operan jauh, supaya bisa dengan mudah diterima oleh rekan kita. Dalam melakukan passing-passing pendek harus dilakukan dengan cukup kencang supaya lawan sulit memotong.

Mengatur nafas dan stamina

Dalam bermain futsal dibutuhkan tempo yang cepat, sehingga mengatur nafas dan stamina sangat dianjurkan dalam permainan futsal. Dibutuhkan kerjasama tim yang baik supaya tidak kelelahan dan stamina tetap terjaga. Usahakan untuk selalu jogging secara rutin, makanlah makanan yang sehat serta mengurangi rokok.

Bermain secara cerdas

Dengan lapangan yang tidak luas dan tempo permainannya yang cepat, maka dalam bermain futsal diperlukan pemikiran yang akurat dan daya kreatifitas yang tinggi. Dimana jika kita sedang menguasai bola atau dalam keadaan tertekan oleh lawan, maka kita harus berpikir secara cepat dan tepat supaya hasilnya tidak merugikan tim kita sendiri. 

itu beberapa rekomendasi hal apa yang harus anda lakukan baik sebelum atau saat sedang bermain futsal. semoga bermanfaat, Terimakasih.

Tips & Trik
Rekomendasi
Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Direktori

Berbagi kebaikan dengan menulis di wagers!

Menu