Lima Ide Membuka Usaha di Rumah

Sahabat Wagers, perkembangan tekhnologi yang sedemikian cepat membuat jarak kian terpangkas. Salah satunya tentu saja jarak Produsen dan Konsumen yang kini tinggal satu pencetan tombol. Di Era Digital masyarakat makin males jika mesti berpanas-panasan untuk memenuhi kebutuhannya. Cukup order dengan gadget dan semua kebutuhan mereka akan terpenuhi. Fenomena ini juga menjadi kabar baik bagi sahabat wagers yang ingin membuka Bisnis di Rumah. Di Era ini, tanpa punya toko pun kita bisa membangun Bisnis. Berikut beberapa Ide bisnis yang bisa kamu bangun di rumahmu.

Membuka Jasa Menjahit


Usaha dibidang fashion adalah jenis usaha yang tidak ada matinya, termasuk usaha yang berhubungan dengan pakaian. Soalnya, sekarang ini semua orang pingin tampil ciamik di mata orang lain. Berbeda dengan jaman dahulu, pakaian bagi orang-orang di jaman sekarang bukan hanya sekedar lembaran kain penutup tubuh untuk memenuhi etika.

Melainkan telah menjelma menjadi estetika seni berpenampilan yang akan menunjukkan kelas sosial si pemakainya. Ditambah lagi maraknya berbagai model pakaian yang membuat semua orang rela merogoh kocek demi mendapatkan baju model paling anyar.

Masalahnya, bagi warga desa, mendapatkan pakaian baru bukan persoalan mudah karena jarak yang jauh dari kota dan harga yang tak bersahabat jika mereka harus selalu membeli di kota. Maka menjahitkan pakaian adalah cara yang bisa menjawab dua persoalan itu: mendapatkan pakaian sesuai keinginan dengan biaya yang tidak membuat kantung terkuras.

Belum lagi bagi orang yang badannya terlalu gemuk atau terlalu kurus. Maka membuka jasa menjahit menjadi peluang usaha rumahan di desa yang layak Anda kembangkan. Soalnya, jasa ini benar-benar berdasar kemampuan personal seorang penjahit sehingga penjahit yang piawai membuat potongan pakaian yang bagus dengan kualitas jahitan yang baik bakal menjadi kombinasi yang membuat banyak orang rela antri mendapatkan jasanya.

Usaha di Bidang Makanan


Jika Anda suka meracik bumbu dan bahan makanan di rumah dan hasil racikan Anda mengundang decak-kagum sanak-saudara, ada baiknya Anda mulai memikirkan peluang usaha rumahan di desa yang satu ini: kuliner.

Ini adalah usaha yang tidak ada matinya dan bisa dikembangkan dimanapun, kapanpun dalam skala modal berapapun. Kok bisa? Ya, karena Anda bisa memilih berbagai jenis makanan untuk dijual sesuai dengan kepiawaian Anda meraciknya.

Jika Anda jagoan mengolah menu khas desa, maka mulailah menyediakan berbagai jenis sayur dan lauk. Tak harus menyewa kios di pinggir jalan karena di desa, pemasaran paling handal adalah melalui ‘kekuatan mulut’ alias promosi dari mulut ke mulut.

Begitu beberapa orang cocok dengan cita rasa yang Anda tawarkan maka berita lezatnya masakan Anda bakal segera menyebar ke seantero desa. Hasilnya, setiap pagi bakal banyak kaum ibu yang datang membeli. Mereka adaah para ibu yang tak mau kehilangan waku dan tenaga karena harus berkutat di dapur sehingga memilih membeli sayur dan lauk saja.

Peluang usaha rumahan di desa dibidang makanan ini bisa ditingkatkan dengan cara menerima pesanan makanan dalam jumlah besar (catering) untuk acara-acara hajatan, pertemuan dan sebagainya. Semuanya cukup dikerjakan dan digelar di rumah saja.

Warung Kelontong


Yang satu ini sudah terbukti. Warung kelontong yang menyediakan kebutuhan sehari-hari adalah jenis usaha yang sudah lazim dilakukan. Ketersediaan barang yang beragam dan harga adalah salahsatu kunci keberhasilannya.

Maka, Anda harus pintar mencari toko grosir alias tempat kulakan yang murah. Meski bukan termasuk usaha yang bisa menghasilkan laba besar dan cepat tetapi keuntungan besar mengelola usaha ini adalah selalu ada cash flow alias uang setiap hari  sehingga keluarga Anda tidak perlu terancam kelaparan karena kehabisan amunisi. Mau toko Anda cepat mengembang?

Anda harus menciptakan sistem pelayanan yang baik bagi semua pembeli yang notabene sebagian besar adalah tetangga Anda. Salahsatu caranya dengan menyisihkan keuntungan dari hasil penjualan toko Anda dan setiap setahun sekali misalnya sebelum lebaran Anda membagi-bagikan bingkisan lebaran bagi tetangga Anda.

Selain menjaga silaturahmi, ini adalah salahsatu cara untuk mengikat mereka menjadi pembeli fanatik di toko kita. Satu lagi, selalu ramah-tamah pada semua orang. Soalnya, ada banyak toko di desa ditinggalkan pembeli karena pemiliknya pelit senyum, ini fakta.

Jasa Desain dan Cetak-mencetak


Sekarang ini semua orang butuh jasa disain mulai dari spanduk, papan nama toko, salon dan bermaca jenis usaha. Mereka juga butuh jasa ini untuk berbagai even seperti perikahan dan sebagainya.

Jasa pembuatan disain sekaligus mencetaknya adalah peluang usaha rumahan di desa yang layak Anda kembangkan. Usaha ini bisa Anda kembangkan pada jasa penulisan dokumen, printing dan fotokopi. Pada jenis usaha ini Anda bisa menggaet beberapa konsumen sekaligus seperti fotokopi, butuh pengetikan dokumen hingga cetak dan jilid.

Keunggulan yang harus Anda miliki adalah kemampuan menciptakan disain yang cantik. Jangan kawatir, kemampuan seperti ini bahkan bisa Anda pelajari secara otodidak atau melalui tutorial di internet. Syaratnya hanya satu, Anda memiliki computer atau laptop dan menyuai dunia seni terutama disain grafis.

Jasa Potong Rambut dan Perawatan Tubuh


Ingatkah Anda, bertahun lalu jika Anda pergi ke tempat pangkas rambut maka Anda akan ditawari pilihan model rambut dari poster yang memuat berbagai gaya rambut andalan pria masa itu. Nah, sekarang gambar-gambar pada poster itu sudah tidak mujarab lagi. Soalnya di jaman ini tersedia jauh lebih banyak pilihan model rambut mutahir.

Terutama bagi anak muda jaman sekarang, potongan rambut tak cukup lagi dengan potongan yang rapi atau standar. Kini mereka akan datang dengan model yang terpampang pada layar telepon genggamnya. Semua orang saat ini yakin dan percaya, model rambut memiliki pengaruh besar mendongkrak penampilan mereka. Ini belum termasuk model cat rambut yang beraneka warna.

itulah 5 rekomendasi usaha rumahan yang cocok untuk direalisasikan yang saat ini sudah menunggu kesungguhan Anda. Jenis-jenis usaha ini tidak memerlukan modal terlalu besar dan semuanya bisa dijalankan di halaman rumah Anda. Sebagian usaha ini juga tidak berbasis pada kebutuhan sehari-hari semua orang sehingga memiliki daya survive yang tinggi. Selamat berkarya. 

Rekomendasi
Populer

6 Comments. Leave new

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Direktori
Menu