Mengapa Saat Berolahraga Harus Pemanasan Terlebih Dahulu

Mengapa sebelum berlatih harus melakukan pemanasan terlebih dahulu? Alasannya penting untuk kita ketahui, pemanasan ternyata sangat perlu dilakukan karena tubuh harus menyesuaikan diri agar bisa beraktivitas lebih keras daripada biasanya. Jika pemanasan tidak dilakukan, bisa jadi kita akan mengalami cedera yang berbahaya.

Berikut adalah beberapa hal yang terjadi jika kita langsung berolahraga tanpa melakukan pemanasan sebelum olahraga sama sekali.

1.Cedera otot

Pemanasan sebelum olahraga tidak perlu dilakukan lama-lama. Cukup dilakukan selama 5 menit hingga 15 menit pemanasan, otot-otot tubuh akan menjadi lebih lemas sehingga risiko terkena kram atau cedera pun bisa ditekan. Sebagai contoh, otot yang masih dalam kondisi dingin tiba-tiba harus dipakai untuk berlari kencang. Otot pun akan kaget sehingga bisa mengalami cedera ringan atau bahkan berat layaknya kram yang membuat kaki tiba-tiba kaku sehingga kita yang sedang berlari bisa tiba-tiba terjatuh dan terluka.

2.Otot kram

Otot yang kram sendiri bisa terasa seperti tertarik, terjepit, atau bahkan terlipat. Otot juga bisa mengalami masalah tendinitis atau rasa sakit pada otot sehingga gerakan olahraga pun menjadi tidak optimal jika tidak pemanasan sebelum olahraga. Otot yang mengalami kram akan terasa sangat sakit dan harus segera dipulihkan agar kondisinya kembali normal.

3.Cenderung cepat lelah

Bila kita tidak melakukan pemanasan sebelum olahraga, latihan pun cenderung akan lebih sulit untuk dilakukan. Bagaimana tidak, tubuh yang cenderung kaget karena dipaksa untuk melakukan aktivitas yang lebih berat secara tiba-tiba akan lebih mudah lelah. Gerakan olahraga pun akan menjadi lebih kaku karena tubuh kesulitan menyesuaikan diri dengan ritme olahraga yang dilakukan.

4.Berisiko sesak napas

Selain itu, napas pun akan jauh lebih mudah habis dan sesak dan jika olahraga diteruskan, Anda bisa mengalami pingsan saat berolahraga. Selain itu, kondisi napas yang sesak juga bisa menyebabkan sakit kepala atau pusing-pusing mengingat kandungan oksigen ke otak pun akan menjadi semakin minim. Anda pun akan mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi saat berolahraga.

Adanya risiko mengalami cedera jika tidak melakukan pemanasan terlebih dahulu, maka jangan pernah melupakan pemanasan sebelum olahraga. Dengan tubuh yang lebih siap, olahraga pun akan lebih aman dan nyaman untuk dilakukan dan tubuh pun akan semakin sehat.

Food, Gadgets
Rekomendasi
Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Direktori

Berbagi kebaikan dengan menulis di wagers!

Menu