Rahasia Dibalik Penamaan Android Dengan Nama-Nama Camilan

Sistem Komputasi Handphone yang dikenal dengan nama ‘Android’ telah menjadi bagian dari kehidupan banyak orang. Sudah menjadi rahasia umum bahwa versi Android dinamai berurutan sesuai Abjad dan menggunakan nama-nama camilan atau makanan penutup yang sesuai dengan awalan abjad tersebut. Sebut saja Cupcake, Donut, Eclair, Froyo hingga Nugget. Tapi tahukah sahabat wagers, apa sebenarnya rahasia dibalik pemilihan nama-nama makanan penutup itu untuk versi Android?

Google memulai tradisi ini pada Tahun 2009 untuk versi Android 1.3 nya. Umumnya pihak Google menutup mulut terhadap rahasia dari penamaan-penamaan ini. Mereka hanya mengatakan bahwa penamaan itu hanya sebuah lelucon internal yang sering terjadi di perusahaan. Baru, saat diluncurkannya Android Kit Kat, juru bicara Google mengatakan bahwa makanan penutup atau makanan-makanan manis itu selalu bisa memberikan rasa senang. Google memilih nama-nama yang manis karena Android bisa mempermanis kehidupan kita. Setidaknya itu filosofi yang disampaikan oleh pihak Google. Dibalik penamaan KitKat salah satu juru bicara Google juga menjelaskan bahwa dalam project pengerjaan Android 4.0 sebagian besar karyawan Google mesti rela begadang untuk menyempurnakan sistem Andorid. Rata-rata dari mereka memakan Kit Kat sebagai teman begadang. John Lagerling, direktur kemitraan global Android sendiri mengatakan kepada BBC bahwa sebelumnya Android 4.0 pernah akan dinamai ‘Key Lime Pie’, namun Kit Kat di rasa lebih dikenal banyak orang ketimbang kandidat sebelumnya.

Tidak pernah gamblang, mengapa Google memilih nama tertentu untuk versi Androidnya, dan sepertinya ini memang dibiarkan mengalir untuk menjadi bahan perdebatan yang menarik oleh para penggemarnya. Yang bisa kita tangkap hanyalah, ‘rasa manis’ telah menjadi salah satu ciri khas dan strategi pemasaran Android hingga saat ini. Hmmm, kapan ya camilan atau makanan manis dari Indonesia bisa jadi Nama Android? Kan, penduduk +62 salah satu pengguna terbesarnya. (Baca Juga: Saatnya Mendaulat Wajik Menjadi Nama Android ‘W’)

Sebagai tambahan informasi, berikut nama-nama Android dari yang pertama hingga yang terbaru. Oiya, setiap Google mengeluarkan versi Android, Google juga membuat patungnya di depan Kantor Google di California, Amerika Serikat. Mantab yak! Semoga bermanfaat.

Android 1.0 (API level 1)
Android 1.1 (API level 2)
Android 1.5 Cupcake (API level 3)
Android 1.6 Donut (API level 4)
Android 2.0 Eclair (API level 5)
Android 2.0.1 Eclair (API level 6)
Android 2.1 Eclair (API level 7)
Android 2.2–2.2.3 Froyo (API level 8)
Android 2.3–2.3.2 Gingerbread (API level 9)
Android 2.3.3–2.3.7 Gingerbread (API level 10)
Android 3.0 Honeycomb (API level 11)
Android 3.1 Honeycomb (API level 12)
Android 3.2 Honeycomb (API level 13)
Android 4.0–4.0.2 Ice Cream Sandwich (API level 14)
Android 4.0.3–4.0.4 Ice Cream Sandwich (API level 15)
Android 4.1 Jelly Bean (API level 16)
Android 4.2 Jelly Bean (API level 17)
Android 4.3 Jelly Bean (API level 18)
Android 4.4 KitKat (API level 19)
Android 5.0 Lollipop (API level 21)
Android 6.0 Marshmallow (API level 23)
Android 7.0 Nougat (API level 24)
Android 8.0 Oreo (API level 26)
Android 9.0 Pie

Artikel, Teknologi, Tips & Trik
Rekomendasi
Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Direktori

Berbagi kebaikan dengan menulis di wagers!

Menu