Tiga Orang Calon Siap Berebut Kursi Kepala Desa (Kades) Sogan

Sebanyak tiga orang calon siap berebut kursi Kepala Desa (Kades) Sogan, Kapanewon Wates, Kabupatan Kulon Progo, pada Minggu 24 Oktober 2021

Ketiga calon Kades Sogan tersebut adalah Syamsul Hadi dengan nomer urut satu, warga Dusun Trimulyo, yang juga sebagai purnawirawan TNU AU, Muhalip dengan nomer urut dua warga Dusun Jetis, dan Indro Kurnianto warga dusun Kawirejan dengan nomer urut tiga yang sebelumnya sudah menjabat sebagai Kades Sogan.

Sebelumnya tiga calon ini sudah melakukan Kampanye dialogis dan penyampian visi misi pada Rabu 20 Oktober 2021 bertempat di Balai Kalurahan Sogan dengan disaksikan para tokoh dan elemen masyarakat yang ada serta disiarkan secara langsung melalui media Youtube sehingga masyarakat secara umum bisa menyaksikan dan mencermati visi-misi yang disampaikan.

Terkait pemilihan Kades ini ada beberapa tanggapan dari masyarakat  kususnya bagi anak muda.Tama salah satu pemuda Sogan mengungkapkan kekecewaanya terhadap kepemimpinan Kepala Desa yang sebelumnya.

“Saya cukup kecewa dengan Kepemimpinan Lurah yang sebelumnya, salah satu kekecewaan saya adalah kurang adanya perhatian dan aksi nyata terhadap anak muda, dulu pernah berjanji untuk mengguruk atau merapikan lapangan bola, tapi  semua itu hanya wacana, sampai habis masa jabatan lapangan juga belum di urug, apalagi sekarang Sogan sudah mempunyai Club Bola PSG Sogan, yang tentunya sangat membutuhkan perhatian khusus dari Pemerintah Desa ” ungkap Tama.

Selain itu Tama juga mengkritik soal mangkraknya infrastuktur digital dengan biaya yang tidak sedikit tapi makrak atau tidak difungsikan secara optimal.

“Ya salah satu contohnya adalah website desa yang mati yang dimana seharusnya website itu bisa digunkan sebagai sumber informasi Desa termasuk trasnparansi anggaran, ataupun transparansi kegiatan sehingga masyarakat bisa mengakses secara menyeluruh setiap saat, seharusnya setiap ada informasi entah berupa anggaran ataupun kegiatan bisa di upload atau ditampilkan ” Tambahnya.

Salah satu pemuda desa Sogan juga menyampaikan keluh kesahnya terhadap kepemimpinan Lurah sebelumnya.

“Progam kerja buat anak muda hampir belum ada terutama untuk Sogan 1 tidak ada progam apa-apa, kurang adanya perkumpulan anak muda secara menyeluruh, kurangnya fasilitas untuk mengembangkan potensi anak muda,” ujar pemuda setelah bertemu dan menyampaikan harapanya untuk calon lurah yang baru.

“Saya cukup mengenal pemuda warga Sogan baik dari Sogan 1 sampai Jetis menurut saya jika ada usaha, khususnya untuk anak muda desa lebih bisa untuk berkembang dan anak muda pasti juga punya potensi untuk melakukan hal-hal yang menghasilkan, sembari mereka bekerja diluar tapi juga punya usaha. Jadi bisa merata semua bisa beljar memulai usaha atau lebih tepatnya untuk menambah pengahasilan” jelasnya.

“yang jelas satu poin saya hanya ingin pemuda desa sogan ini bisa solid, kompak saya juga yakin pemuda Sogan ini bisa menciptakan suatu hal yang berguna atau mengembangkan diri jika ada ada program progam tersebut,” harapnya

Suswantoro salah satu tokoh masyarakat Desa Sogan juga menyampaikan harapannya terhadapa calon lurah yang baru.

“Harapan saya dengan lurah yang baru bisa menciptakan suasana yang kondusif terutama untuk pembinaan remaja, saya sangat berharap untuk menghidupkan Karang Taruna yang selama ini kami perhatikan hanya even-even tertentu tampak ada Karang Taruna, seperti tujubelasan, tapi untuk pembinaan kepemeduaan ini masih sangat kurang,” harap Suswantoro.

“teruatama dalam menyiapkan generasi muda untuk bisa menjawab segala tantangan, kemudian ada lagi masalah keluarga sakinah yang selama ini di progamkan namun belum pernah tampak kegiatannya,” pungkasnya. (Jaelani)

Uncategorized
Rekomendasi
Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Direktori