Tips Membangun Bisnis Online Untuk Pemula

Sahabat Wagers pasti sudah sering sekali mendengar tentang Bisnis Online. “Temenku Main Bisnis Online dan sekarang udah bisa beli ini… itu…”, mungkin itu sebagian percakapan yang sering malang melintang disekitar kita. Apalagi, dengan perkembangan gadget dan jaringan yang makin kuenceeng semakin membuat Bisnis Online berkembang pesat dan digandrungi. Sebab itu, tidak ada salahnya jika sahabat Wagers mulai merintis usaha di bidang online. Bayangkan betapa kerennya kan sebuah usaha yang dibangun diri sendiri? Nah, sebelum itu perhatikan dulu beberapa hal berikut ini:

Miliki Mindset Bisnis Yang Benar


Dalam menjalankan suatu bisnis alangkah baiknya kita perlu memiliki mindset yang selaras dengan tujuan atau impian kita. Mindset atau cara pandang kita di dalam menyikapi segala sesuatu merupakan pondasi yang penting di setiap aspek kehidupan, termasuk dalam berbisnis.

Untuk menumbuhkan mindset yang tinggi diperlukan proses yang tidak instan, perlu kesabaran dan ketekunan, kadang bahkan dibutuhkan pengorbanan pikiran, tenaga, dan finansial yang tidak sedikit.

Mengerjakan hal yang baru memang membutuhkan ketekunan ekstra. Yuk, tata lagi niat dan tekadnya.

Jual Apa Yang Dibutuhkan Orang


Kebanyakan orang salah langkah pada tahapan ini. Mereka terlalu berfokus pada produknya dulu, bukan pada kebutuhan orang-orang. Sehingga bahkan banyak yang tumbang sebelum mencapai penjualan pertama.

Saran Wagers sih lakukanlah riset produk dan sebisa mungkin carilah produk-produk yang cepat laku dan perputarannya cepat. Artinya banyak yang membutuhkan atau ada pasarnya.

Bukan apa-apa sih, tetapi kalau produk kita yang membutuhkan terlalu sedikit atau pasarnya sempit, biasanya kita akan mudah menyerah karena dagangan tidak kunjung laku. 

Buat Website Jualan Atau Toko Online


Kalau kita flashback ke langkah sebelumnya, kita harus memutuskan produk-jasa apa yang mau kita jual. Bahasa mudahnya, apa yang mau kita tawarkan kepada pelanggan.

Nah, jika sudah ketemu, selanjutnya kita harus mempromosikan supaya orang lain tahu, dan menjualnya agar kita mendapatkan penghasilan. Untuk itu, kita membutuhan sarana, atau dengan kata lain tempat untuk berjualan.

Salah satu benefit menjalankan bisnis lewat internet, kita tidak harus menggunakan tempat secara fisik, seperti bangunan toko, bangunan ruko, atau gedung yang besar.

“Tempat” dalam hal ini bisa kita alihkan ke suatu bentuk “tempat digital” yang bisa diakses secara online melalui internet. Tempat itu bisa berbentuk website, toko online, media sosial, maupun situs marketplace.

Promosi Online


Setelah website jadi, Anda bisa mengisinya dengan informasi produk / jasa yang Anda miliki. Isilah website dengan konten yang meyakinkan. Dan, jangan asal copy paste.

Gunakan kata-kata yang memang pantas untuk Anda tampilkan di website, karena ini akan menjadi sarana promosi dan kantor online Anda.

Ramah dan Tanggap


Nah, ini juga poin penting jika kita mau Berjualan Online. Salah satu ciri khas media online adalah cepatnya perpindahan informasi. Jadi, kalau tidak cepat tanggap dalam membalas pesan dari konsumen bisa-bisa konsumen segera lari ke toko sebelah yang hanya berjarak satu pencetan tombol. Selain itu keramahan menjadi hal wajib karena kita berbincang dengan orang yang tidak ada di hadapan kita.

Setidaknya itu beberapa hal yang mesti diperhatikan untuk terjun ke Bisnis Online. Terlepas dari segala media yang kita gunakan untuk berjualan, yang terpenting dalam berbisnis adalah Kita bisa menyajikan produk yang dibutuhkan masyarakat.

Social Marketing, Tips & Trik
Rekomendasi
Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Direktori