Yuk Ketahui Beberapa Fakta Tentang Gerhana Matahari Total

Gerhana matahari merupakan peristiwa di mana posisi bulan, matahari dan bumi sejajar dan berada pada garis lurus. Saat itu bulan akan melintas di antara matahari dan bumi. Untuk beberapa waktu cahaya matahari ke bumi akan terhalang bayangan bulan. Ketika fase total itu, bulan menutupi matahari. Maka akan tampak korona matahari seperti menjulur dari pinggir bagian yang ditutupi bulan.

Ada beberapa catatan yang perlu kalian ketahui ketika terjadi gerhana matahari total:

Gerhana matahari total hanya terjadi 300 tahun sekali untuk satu daerah.

Gerhana matahari total adalah peristiwa langka. Tak diketahui periode pasti fenomena tersebut akan terjadi dan berulang di satu daerah. Hanya ada hitungan pola 18-19 tahun, sesuai dengan periode Saros atau siklus gerhana. Namun, jalurnya berbeda.

Berdasarkan perhitungan kasar, gerhana matahari total hanya akan terjadi sekitar 300 tahun sekali di satu daerah.

Apa boleh melakukan selfie ketika gerhana matahari total?

Panduan untuk melihat gerhana dan berfoto selfie saat gerhana matahari sama saja, tak boleh melihat secara langsung. Ketika gerhana matahari mencapai fase total, merupakan saat yang aman melihat secara langsung, tapi harus diingat itu hanya terjadi selama satu setengah sampai tiga menit saja.

Melihat gambar matahari di layar ponsel tidak berbahaya. Namun yang menjadi kekhawatiran adalah ketika orang melihat matahari dengan mata telanjang saat mengatur komposisi foto. Jadi, lebih baik dihindari, ya.

Bagaimana penampakan langit saat terjadi gerhana Matahari total?

Saat terjadi gerhana matahari total, sebagian besar wilayah akan menjadi gelap. Hal ini dapat dilihat dari ilustrasi gambar di atas.

Jadi, sudah siapkah kamu untuk melihat fenomena langka yang hanya bisa dilihat di bumi pertiwi ini?

Apakah melihat langsung gerhana bisa Merusak mata

Melihat langsung gerhana matahari total menyebabkan kerusakan mata. Sehingga masyarakat selalu diingatkan untuk memakai pelindung mata untuk bepergian keluar saat terjadi gerhana matahari total. Selain itu, gerhana matahari total juga mengganggu gravitasi Bumi. Fenomena alam ini menghambat pemanasan dan proses ionisasi di lapisan ionosfer atmosfer Bumi.

Nah, itulah beberapa informasi yang perlu sahabat wagers ketahui tentang kejadian gerhana matahari total. Bagaimanapun fenomena yang terjadi di bumi ini adalah kehendak yang kuasa. Sebagai masyarakat yang baik maka perlulah untuk waspada dengan semua kejadian fenomena alam yang terjadi. Pintar-pintarlah mengambil hikmah dari setiap fenomena alam semesta yang terjadi di sekitar kita.

Terimakasih sudam mampir.

Artikel
Rekomendasi
Populer

3 Comments. Leave new

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Direktori