Berpetualang di Mangrove Gedangan

Wisata kawasan pesisir tidak melulu pantai. Ada banyak potensi di kawasan pesisir yang bisa dinikmati keindahannya. Diantaranya adalah Hutan Mangrove ~

Hutan mangrove di Desa Gedangan, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo salah satunya. Kawasan hutan di sepanjang Sungai Pasir itu kini dimanfaatkan warga untuk pariwisata.

Masyarakat setempat membentuk kelompok sadar wisata Desa Mangrove Gedangan Purwodadi (Demang Gedi) yang menjadi operator tunggal kegiatan wisata di desa itu. Mereka mendapat binaan dari Komunitas Mangrove Purworejo (Komangjo), LSM yang bergerak di bidang pelestarian lingkungan pesisir. Masyarakat membangun kawasan itu setahap demi setahap.

Asyik mancing

Upaya itu mulai membuahkan hasil dengan meningkatnya kunjungan ke Demang Gedi. Memang baru ratusan orang datang ke desa itu dalam seminggu, namun jumlah segitu pun cukup mengingat Gedangan baru merintis desa wisata. 

Lantas, apa saja yang ditawarkan di Gedangan? Tentunya hutan mangrove. Pengunjung bisa menyusuri kawasan hutan meniti jembatan sepanjang ratusan meter yang dibangun masyarakat. Terdapat beberapa gazebo dan panggung untuk tempat istirahat di sepanjang jembatan mangrove. Sunset juga menjadi pemandangan unggulan yang banyak diburu di Gedangan. 

Jembatan Mangrove

Sebagai tempat wisata edukasi, masyarakat juga memberi kesempatan pengunjung untuk belajar ekosistem mangrove dan menanam bibit bakau. 

Tidak hanya itu, ada sensasi menyusur hutan mangrove dengan kano dan perahu mesin juga ditawarkan warga. Memancing dan mengamati burung juga lazim dilakukan di mangrove Gedangan. Tentu mudah mendapat tangkapan karena hutan mangrove menjadi sarang ikan muara.

Sementara fasilitas yang disediakan adalah lahan parkir tidak jauh dari jembatan mangrove, sejumlah warung makan. Sementara untuk sanitasi masih menggunakan fasilitas yang dimiliki warga, sebab pengelola masih membangunnya. 

Dermaga Perahu

Akses jalan menuju Gedangan juga mudah. Gedangan terletak hanya satu kilometer di sebelah selatan Jalan Daendels. Berkendaralah dari Purworejo ke arah Pantai Jatimalang, lalu sampai perempatan bangjo Jalan Daendels, Nampurejo, beloklah ke timur atau arah Congot Kulponprogo. Jangan ngebut, pelan2 saja, sebab berkendara hanya perlu sampai Desa Jogoresan dan akan terlihat rambu penunjung Desa Mangrove Gedangan.

Kebun bibit

Untuk menikmati keindahannya, tidak butuh kocek tebal. Hanya mengeluarkan recehan untuk parkir. Adapun retribusi belum dipungut di desa ini. Kecuali Anda menginginkan paket edukasi dan petualangan mangrove, silakan kontak pengelolanya.

Siapkan dirimu bertualang di Desa Mangrove Gedangan!!

Rekomendasi
Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Direktori

Berbagi kebaikan dengan menulis di wagers!

Menu