Gathering IPNU-IPPNU Wates, Tetap Mengembangkan Potensi Diri Ditengah Pandemi

Wates, 26 Juli 2020 – Wabah yang sedang melanda seluruh dunia, mengakibatkan terhentinya waktu sementara untuk saling berkomunikasi dan bertemu, sehingga menunda berbagai jenis kegiatan , salah satunya berorganisasi. Namun setelah adanya kebijakan kelonggaran dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yaitu New Normal, salah satunya di Kapanewon Wates.
Adanya kebijakan tersebut PAC IPNU IPPNU Kapanewon Wates mengadakan serangkaian acara yang bertemakan Gathering and Uprading Organisasi dengan tema Happiness Bring Creativity After Pandemic, acara tersebut diadakan pada tanggal 26 Juli 2020 bertempat di Laguna Pantai Glagah, Kulon Progo.

Serangkaian acara diadakan dengan tujuan untuk menambah keakraban dan mengenal satu sama lain antara anggota lama dengan anggota baru setelah lama tak bertemu. Acara tersebut dihadiri kurang lebih 40 peserta, baik dari IPNU dan IPPNU dengan Rekan Masrur Ikhwan sebagai Ketua Panitia, acara tersebut dimulai dari pukul 07.30 WIB.

Acara diawali dengan Outbound yang dipandu oleh Team Outbound dari PC IPNU Kulon Progo. Outbound ditujukan agar para peserta saling bekerjasama, melatih kekompakan dan tentunya sebagai sarana mengenal pada tahap pertama. Acara berlangsung sangat meriah, dan terlihat semangat dan tawa dari rekan dan rekanita. Outbound berakhir pada pukul 10.00 WIB, kemudian dilanjutkan istrirahat dengan duduk dibawah pohon pinus dan menikmati kado silang yang dibawa oleh masing-masing peserta.

Setelah istirahat cukup, acara selanjutnya adalah pengenalan mengenai Gathering dan Upgrading, acara dibuka dengan pembacaan Al-Fatihah yang dipimpin oleh Ketua PAC IPNU Kapanewon Wates, Rekan Rino Priatama, kemudian diserahkan kepada Narasumber yaitu Rekan Yanu Ariyanto selaku Ketua PW IPNU DIY.

Beliau menuturkan bahwa, ”Upgrading adalah proses pembaharuan diri agar lebih meningkatkan potensi diri dan lebih mencintai organisasi, dan sebagai sarana untuk mengetahui posisi dan potensi yang kita tujukan saat berada dalam organisasi itu sendiri.”

Beliau juga memberikan tips mengenai bagaimana organisasi akan berjalan dengan baik dan tentunya dikenal oleh masyarakat dengan :
1. Gunakan organisasi secara optimal dan jangan disalahgunakan untuk hal-hal negatif
2. Libatkan masyarakat dalam setiap acara agar orang turut mengenal IPNU dan IPPNU
3. Libatkan media sebagai sarana pengenalan IPNU dan IPPNU

Setelah itu, para peserta diberikan selembar kertas untuk diisi oleh rekan dan rekanita secara acak, guna untuk mengetahui hal-hal yang ada pada diri kita yang dipandang oleh orang lain, dan sebagai sarana untuk evaluasi diri dan organisasi.

Kemudian dilanjutkan sesi perkenalan masing-masing peserta. Sesi ini berlangsung sangat meriah dengan gerik tawa dan semangat walaupun hari sudah semakin siang.

“Organisasi akan terlihat sehat, jika dalam organisasi tersebut saling mengenal secara sehat, dan semangat dalam berorganisai adalah sebuah semangat dalam kaderisasi organisasi bukan sebagai ambisi organisasi,” imbuh Rekan Yanu.

“Aktiflah di IPNU dan IPPNU, tonjolkanlah semangat dalam kepengurusan IPNU IPPNU dan jangan lupa menjalin silaturahmi kepada para pengurus NU,” sarannya.

Setelah sesi ini cukup, kemudian diserahkan kembali kepada Rekan Rino. Ia menambahkan bahwa, ”Kita adalah keluarga dan dengan saling mengenal akan menambah keakraban, sehingga tetap istiqomah dalam ber-IPNU dan IPPNU.”

Acara selanjutnya adalah Sesi Sharing dan pengenalan dari pengurus PAC IPNU Kapanewon Wates, mulai dari ; Ketua, Sekretaris, Bendahara, dan Divisi IPNU dan IPPNU.

Pada proses pengenalan, Ketua PAC IPPNU Kapanewon Wates Rekanita Shintya Kurniawan menegaskan bahwa “Kita sebagai kader IPNU dan IPPNU, diharapkan dapat terus belajar mengembangkan potensi diri, mengikis rasa malu untuk aktif berorganisasi, menciptakan wawasan yang luas dengan saling berbagi pengalaman dan ide kreatif, sehingga diri kita akan terus berkembang sedikit-demi sedikit.”

Selain Rekanita Shintya, Rekan Habib selaku Direktur LPP (Lembaga Penyiaran dan Pers) menambahkan bahwa ”Kita dapat mengembangkan diri lewat media dan lembaga penyiaran, dengan media kita dapat belajar bersama-sama mengenai cara mendesain, menulis berita dan lain-lainnya.”

“Hal terpenting dari organisasi adalah relasi, relasi dari luar akan menambah teman dan mengoptimalkan jaringan antar daerah, sehingga dapat memudahkan dan turut membantu kita jika suatu saat membutuhkan bantuan dan kegiatan lainnya,” tambahnya. Setelah serangkaian acara selesai, acara diakhiri dengan saling meneriakkan semangat ber-IPNU IPNU dan sesi foto bersama.

”Siapa Kita? Pelajar NU!“ teriak seluruh peserta dengan semangat.

Rekomendasi
Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Direktori

Berbagi kebaikan dengan menulis di wagers!

Menu