Meski KKN Dari Rumah, Halim Totalitas Membantu Masyarakat di Tengah Pandemi

Saat ini sebagian mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlotul Ulama (STAINU) Purworejo sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Pelaksanaan KKN kali ini jauh berbeda dengan yang sebelumnya akibat adanya pandemi Covid-19. KKN kali ini dilaksanakan dari rumah (DR) guna memutus penyebaran covid-19.

Begitu juga akibat pandemi virus corona kegiatan belajar dan mengajar di tiadakan secara sementara. Anak pun akan lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah saat situasi pandemi ini. Salah satunya adalah kegiatan mengaji di TPQ Khozinatul Ulum. Setelah satu bulan diliburkan, anak santri TPQ Khozinatul Ulum memulai kembali kegiatan mengaji.

Pendidikan sangat penting bagi anak-anak, khususnya ilmu agama dan baca Al-Quran. Ditengah pandemi Covid 19, beberapa TPQ atau majelis ta’lim seperti TPQ Khozinatul Ulum tetap melangsungkan belajar mengajar sesuai perintah agama.

Berbeda dengan sistem pengajaran sebelumnya, dimana anak-anak didik yang datang ke TPQ, harus mematuhi peraturan di TPQ ditengah pandemi ini seperti memakai masker dan cuci tangan sebelum masuk ke TPQ.

Halimatussa’diyyah, Mahasiswi STAINU Purworejo program studi PAI(Pendidikan Agama Islam) Fakultas Tarbiyah ini sendirian saja melakukan KKN DR di Kelurahan Tambakrejo, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo.

Dalam melaksanakan kegiatannya Halimatussa’diyyah memfokuskan untuk mendukung pelaksanaan program pemerintah seperti mengajarkan anak-anak mengaji yang bertujuan agar tidak ada anak-anak Kelurahan Tambakrejo yang buta huruf Arab. Halimatussa’diyyah megajarkan anak-anak tersebut bacaan Al Qur’an, tajwid, dan hafalan surat pendek.

Selain hal itu, Halimatussa’diyyah juga turut membagikan faceshield kepada sebagian santri TPQ Khozinatul Ulum, melakukan sosialisasi new habit, serta membagikan sembako bagi warga yang membutuhkan.

Menurut Halimatussa’diyyah pelaksanaan KKN DR di Kelurahannya sendiri menjadikan dia lebih mudah untuk bersosialiasi dan menjalankan program yang telah disusunnya.

Halimatussa’diyyah dalam pelaksanaan KKN DR dibimbing oleh Zaenal Muttaqin, M.Pd.I Dosen Prodi PAI STAINU Purworejo.

Semoga apa yang telah dilakukan oleh Halimatussa’diyyah selama KKN DR memberikan manfaat kepada warga Kelurahan Tambakrejo.

Berita, Purworejo
Rekomendasi
Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Direktori

Berbagi kebaikan dengan menulis di wagers!

Menu