COVID – 19 dan Pergeseran Life Style

Dulu, era masih 2000-an, life style orang cenderung kebarat-baratan. Mulai cara berpakaian, kuliner, dan gaya hidup yang lain. kemudian di era 2009-an sampai kisaran 2015-an, K-pop dan beberapa trend di asia yang lain sempat menjadi kiblat. Barulah kemudian periode 2016 hingga 2019-an berubah lagi menjadi trend Religius yang karena mayoritas penduduk di Indonesia beragama Islam maka Islamic life style merebak dimana-mana.

Semua itu memang tak lepas dari perkembangan Media yang memang mempunyai daya untuk mem Framing gaya hidup kebanyakan orang. Public Figure dan Influencer juga turut serta memberikan sumbangsih mengarahkan gata hidup masyarakat karena mereka juga punya follower dan fans yang berjibun.

Semenjak Islamic life style di Indonesia merebak, saya sempat bertanya-tanya, ‘Apa trend selanjutnya yang akan menimpa dunia khususnya Indonesia?’. Hal itu pula yang sering saya utarakan ke beberapa kawan dan senior saya tapi masih belum bisa menemukan jawaban. Namun dengan mewabahnya COVID – 19 ini memberikan jawaban bahwa esok yang menjadi life style terutama kalangan ekonomi menengah keatas adalah Healthy Life Style. dimana orang akan berbondong-bondong menerapkan gaya hidup sehat. Mulai dari makanan, penggunaan pakaian dan beberapa hal lain menyangkut kesehatan akan jauh lebih diprioritaskan. Orang akan memperhatikan tentang resiko kesehatan yang akan mereka hadapi. Dalam soal makanan misalnya, orang akan mulai memperhatikan ini gizinya gimana, sudah dicuci apa belum, nyucinya dengan air bersih dan mengalir atau tidak dan serentetan pertanyaan lain yang sebelumnya tidak dipedulikan.

Sebenarnya soal pergeseran life style ini tidak terlalu menjadi masalah. Yang menjadi ke khawatiran saya justru ketika pergeseran life style ini hanya dilihat soal segi peluang ekonomi dan potensi politisnya saja. Tidak melihat lebih dalam lagi. Seperti kejadian COVID 19 ini, Bagi sebagian orang yang punya Insting ekonomi, beberapa oknum justru melihat ini sebagai peluang usaha bisnis kesehatan. Ini terbukti dengan banyaknya orang berbondong-bondong menjual Hand Sanitizer kepada banyak orang. Masih mending kalau sudah tersertifikasi. Khawatirnya adalah mulai bermunculan Hand Sanitizer dan beberapa Alat Kesehatan yang lain yang illegal. Parahnya lagi ketika harganya naik selangit.  Belumsl lagi tentang berita kelangkaan masker akibat Paranoid yang diakibatkan oleh Mewabahnya COVID 19 ini. Sehingga yang seharusnya membutuhkan masker seperti tenaga medis justru malah bingung harus mencari masker.

Bukan tidak mungkin pula beberapa insan politispun juga akan menggalang suara dengan mencitrakan dirinya sebagai insan yang peduli dan melakukan Healthy Life Style ini. Semenjak wabah COVID – 19 merebak insan politis sangat gencar untuk saling menyerang Antar lawan politik. Bukan malah berbondong-bondong bahu membahu agar gimana caranya wabah ini segera menghilang.

Apapun trend life style yang akan terjadi, akan lebih bijak jika berkonsultasi dengan ahlinya. Jangan sampai Healthy Life Style ini justru menjadi ajang cari panggung dan cari untung saja. Namun kita harus benar-benar sadah bahwa sehat adalah hal yang tak ternilai harganya.

Bagi para pejuang COVID – 19. Kamu semua adalah pahlawan kita hari ini. Semoga Tuhan selalu bersamamu.

Rekomendasi
Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Direktori

Berbagi kebaikan dengan menulis di wagers!

Menu