Diklatama CBP-KPP Kulon Progo Lahirkan Kader NU Militan

Kulon Progo-Dewan Koordinasi Cabang Corp Brigade Pembangunan (DKC-CBP) dan Korp Pelajar Putri (KPP) Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdaltul Ulama (IPPNU) Kabupaten Kulon Progo menyelenggarakan kegiatan pelatihan Pendidikan dan Pelatihan Pertama (Diklatama). Pelatihan ini  berlangsung selama tiga hari berturut-turut, yakni pada tanggal 18 sampai 20 Februari 2022 bertempat di Bumi Perkemahan Camp, Sentolo.

Tujuan diadakan pelatihan ini adalah dalam rangka rekrutmen. Lebih spesifiknya, sebagai regenerasi kaderisasi serta membentangkan sayap kaderisasi DKC CBP KPP di Kabupaten Kulon Progo. Di kegiatan kali ini menjadi sangat spesial karena ini merupakan kegiatan  Diklatama pertama di masa hidmat kepengurusan PC IPNU IPPNU kabupaten Kulon Progo preiode 2020-2022.

Kegiatan kaderisasi tersebut dihadiri beberapa tokoh penting, dari unsur Nahdlarul Ulama (NU) seperti Muslimat NU, Ansor, Pagar Nusa dan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) tampak mengisi kursi terdepan dalam pembukaan kegiatan Diklatama, Jumat (18/22) siang. Kehadiran beberapa tokoh penting tersebut tentu bertujuan sebagai bentuk dukungan terhadap panitia kegiatan diklatama ini, juga bertujuan untuk memberikan dorongan semangat untuk  para peserta Diklatama.

Kegiatan Diklatama ini diikuti oleh delegasi dari masing masing Kapanewon Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU-IPPNU se-Kabupaten Kulon Progo. Sebanyak 43 pelajar menjadi peserta dalam kegiatan ini, bahkan ada juga peserta dari PC IPNU IPPNU Kota Yogyakarta dan Kabupaten Gunung Kidul.

Pada sambutannya, Perwakilan PCNU Kulon Progo berpesan kepada para peserta untuk menata niat dan bersungguh sungguh dalam mengikuti proses kaderisasi sampai selesai. Selain itu, Muktaf Ajib Saifudin atau sapaan akrabnya Gus Ajib yang menyambut langsung dalam keberlangsungan kegiatan Diklatama ini.

“Dari CBP KPP ini jadilah kader yang militan, berdidikasi tinggi untuk NU, mau berjuang di NU di era melenial ini, karena siapa lagi kalau bukan kader IPNU IPPNU yang meneruskan estafet kepengurusan di PCNU Kulon Progo.” Tandas Gus Ajib.

Melihat cita-cita, serta tujuan dari CBP KPP didirikan, pihak PC IPNU IPPNU Kabupaten Kulon Progo sangat mengapressiasi kegiatan ini dan menaruh asa besar kepada para jebolan kegiatan Dilatama ini.

“Kami sangat mengapresiasi sekali dari pihak CBP maupun KPP, terkait sudah melaksanakan pengkaderan ini, semoga untuk kedepannya pengkaderan ini masih bisa berlanjut.” Ungkap Najib, Ketua PC IPNU Kulon Progo.

“Harapannya tentu bisa mendapakan kader yang militan, kader yang berpotensi menjadi generasi pioner-pioner di masing-masing PAC di 12 Kapanewon se-Kulon Progo.” Harapnya.

CBP dan KPP

CBP dan KPP merupakan lembaga semi otonom dibawah payung IPNU dan IPPNU. Lembaga ini fungsinya sebagai garda terdepan dan memiliki peran penting dalam mengawal pembangunan bangsa dan negara. Selain itu, CBP dan KPP juga berperan sebagai semacam Kader Penggerak IPNU dan IPPNU atau bisa dibilang kita ini sebagai eksekutornya, kita juga berlingkup di bidang kepanduan tapi untuk pereiode saat ini kita lebih fokus di bidang Kemanusiann. Hal ini disampaikan oleh Sofyan Fachrudin, Komandan CBP Kabupaten Kulon Progo.

Sofyan menambahkan bahwa tugas CBP dan KPP juga lumayan kompleks. Bukan hanya pada tugas pokok kaderisasi namun juga mengawal kegiatan-kegiatan organisasi IPNU dan IPPNU.

“Tugas kami adalah mengawal kegiatan IPNU dan IPPNU. Baik dalam kegiatan Kaderisasi ataupun Organisasi.” Tuturnya kepada wagers.id disela-sela kegiatan.

Lebih lanjut lagi Sofyan menjelaskan dalam kegiatan Diklatama ini materi pokok yang diberikan, diantaranya Latihan Baris Berbaris (LBB) dan Tata Laksana Upacara yang diisi oleh Polsek Sentolo, kemudian ada materi Kegiatan Pemantapan Pelatihan Penanganan Gawat Darurat (PPGD) yang diisi oleh PMI Kulon Progo, materi Search and rescue (SAR) yang diisi oleh BASARNAS, materi Teknik Dasar Bela Diri diisi oleh PC Pagar Nusa Kulon Progo, materi Komunikasi dan Kerjasama Tim yang disisi oleh Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI), serta materi Orientasi Alam Bebas yang diisi oleh Koramil Sentolo.

Rekomendasi
Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Direktori