Main Ke Purworejo, Bingung Cari Tempat Wisata?

Purworejo adalah sebuah kota kecil yang terletak di sebelah barat daya provinsi Jogjakarta. Namun, meski kecil kota ini memiliki banyak tempat wisata dan berbagai macam kuliner yang bisa sobat wagers kunjungi. Buat kamu yang sering lewat kota ini, jangan lupa untuk mampir dan mencoba beberapa tempat wisata yang recomended banget dan nikmatnya kulineran di purworejo. “Mau tahu tempat dan lokasinya kuyy dah simakkk,,, mimin kasih tau”

GOA SEPLAWAN

Goa seplawan terletak di pegunungan menoreh yang membentang dari kecamatan Bagelen Purworrejo hingga kabupaten Magelang. Dan goa seplawan masuk wilayah kabupaten Purworejo Jawa Tengah dan di sebelah timur berbatasan langsung dengan kabupaten Kulonprogo Yogyakarta.Lokasi Goa Seplawan Tepatnya berada di desa Donorejo kecamatan Kaligesing Purworejo Jawa Tengah.

Memasuki kawasan wisata Goa Seplawan, hawa sejuk begitu terasa disini. Lokasi goa seplawan berada tak jauh dari area parkir, pengunjung cukup berjalan beberapa meter saja. Sebelum memasuki goa seplawan, pengunjung akan disuguhi patung besar replika arca emas Dewa Siwa dan Dewi Parwati. Dulu, Sekitar tahun 1979 bersamaan ditemukannya goa Seplawan kala itu ditemukan pula patung emas dan berdasarkan identifikasi ahli sejarah waktu itu merupakan patung Dewa Siwa dan Parwati. Saat ini patung tersebut disimpan di museum Nasional Jakarta dan sebagai tanda ditemukan benda bersejarah maka dibuat patung replika. Dengan ditemukannya patung tersebut menandakan bahwa goa seplawan mempunyai nilai sejarah yang tinggi.

Nah, Untuk sampai di seplawan kalian harus memakai kendaraan pribadi atau grab juga bisa sih, jalanya yang berkelaok – kelok sangat membius kita untuk menikmati indah dan sejuknya perjalanan menuju Goa Seplawan, dari pusat kota cuma memakan waktu 1 jam kurang lebihnya, biaya retrebusinya juga nggak mahal hanya 10.000/orang sudah termasuk parkir kendaraan roda dua. murah bukan,,,, Setelah ini jangan sampai gak mampir ya jika main ke purworejo.

CLOROT

Berkunjung ke Purworejo, Jawa Tengah belum lengkap rasanya bila belum mencicipi clorot, makanan khas asli kota Berirama yang unik. Bentuk, isi dan rasanya yang manis gurih dan legit membuat pecinta kuliner ketagihan.

Nama clorot yang aneh bagi sebagian besar orang justru semakin menambah penasaran seperti apa sebenarnya clorot itu. Clorot biasanya banyak dijajakan di pasar-pasar tradisional. Clorot terbuat dari tepung beras ditambah sedikit tepung ketela/kanji, garam, kapur sirih, serta gula merah lalu ditambahi pewangi berupa daun pandan.

Kalian bisa temui jajan ini di pasar – pasar pusat kota, ataupun jika kalian punya teman daerah purworejo bisa tuh pesen dulu sebelum sampai purworejo, gak bakalan nolak dah buat kalian yang suka makan jajanan tradisional ini karena rasanya yang lezat dan bentuk yang unik.

PANTAI KETAWANG

Banyaknya para petualang yang datang ke Pantai Ketawang juga membuat keberadaan spot petualangan ini semakin terkenal. Pasalnya, mereka yang datang pasti mengabadikan momen seru mereka dan dibagikan di sosial media. Tidak menampik bahwa sosial media juga ikut ambil andil untuk penyebaran keindahan Pantai Ketawang ini. Keindahan pantai ini banyak terpampang di salah satu platform sosial media, yaitu Instagram. Tidak dipungkiri, dengan istilah zaman sekarang, Pantai Ketawang adalah salah satu spot petualangan yang instagrammable.

Nah, yang jadi iconik pantai ketawang ini adalah mercusuarnya terletak di tengah rawa, apalagi jika senja sudah datang menikmati pantai ketawang dari ketinggian mercusuar sungguh indah sekali, yakin kalian gamau coba ??? jangan lupa mampir ya jika main ke purworejo

SEGO KOYOR

Ada salah satu kuliner yang cukup unik yang patut kamu coba yaitu “Sego Koyor” atau nasi koyor yaitu merupakan kuliner yang cukup populer dan diminatai oleh masyarakat Purworejo setempat.

Nasi koyor itu sebenarnya merupakan urat sapi, berbeda dengan gajih (lemak) dan jeroan, salah satu kuliner koyor ini memiliki cita rasa yang gurih dan kenyal serta memberikan ciri khas tersendiri bagi peminatnya. Penyajian sego koyor ini dihidangkan dengan panas-panas mengunakan alas daun pisang dan tempe goreng tepung sebagai pelengkapnya. Yang paling uniknya lagi sego koyor ini buka tengah malam pada jam 00.30 WIB, tetapi jumlahnya sangat terbatas.

Tak heran jika belasan orang sudah mulai antri sebelum pak supri (penjual sego koyor)  membuka lapaknya di depan pasar Baledono. Pembelinya pun dari berbagai kalangan. Bahkan tak jarang ibu-ibu yang menyempatkan keluar malam hanya untuk membeli nasi koyor,”Jual nasi koyor ini sudah turun-temurun, saya cuma meneruskan, dulu saya  jualan pagi-pagi pembelinya orang yang mau berangkat ke pasar, tapi lama-kelamaan yang beli kebanyakan orang begadang dan minta buka tengah malam”, ujarnya sebagaimana yang dilansir dari okezone.com. Bagi  anda yang tinggal di Purworejo atau melewati depan pasar Baledono tepatnya disebelah barat jalan, di waktu tengah malam, sangat disayangkan melewati kuliner yang unik yang populer di kota tercinta ini.

Asyik bukan ? Berkunjung ke kota pensiunan. Sebetulnya masih banyak banged lokasi wisata di kota ini apalagi kulinernya, jadi mimin sengaja aja deh biar kalian kepo, nanti kalo udah sampe purworejo coba deh tanya – tanya dan coba berkunjung ke wisatanya atausekedar mencicipi kulinernya yang unik-unik itu.

Citizen, Purworejo
Rekomendasi
Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Direktori

Berbagi kebaikan dengan menulis di wagers!

Menu