PW IPPNU Daerah Istimewa Yogyakarta Gelar Lakut

Optimalisasi Kader, PW IPPNU Daerah Istimewa Yogyakarta Gelar Lakut

Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama Daerah Istimewa Yogyakarta (PW IPPNU DIY) menggelar Latihan Kader Utama (LAKUT) dalam rangka proses pengkaderan di tingkatan wilayah sekaligus optimalisasi kader IPPNU yang ada di DIY selama 3 hari, 26-29 Maret 2021 di Pondok Pesantren Al-Mahalli, Bantul.

Kegiatan diawali dengan melakukan tes GeNose serta rapid test antigen pada seluruh peserta dan panitia. “Alhamdulillah, hasilnya semua non-reaktif, sehingga acara Lakut bisa diselenggarakan meskipun di tengah pandemi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan selama acara berlangsung” ujar RR. Umi Maryam Nurlaila sebagai ketua PW IPPNU DIY.

Lakut adalah jenjang pengkaderan formal tertinggi di IPPNU diharapkan menjadi bekal para kader untuk melebarkan sayap IPPNU di kalangan pelajar serta masyarakat. “Bagus, telah mengikuti pengkaderan formal, dan pastikan juga mengikuti pengkaderan non formal dan informal yang tidak kalah pentingnya” ujar Bapak Dr. Arif Rahman (PWNU DIY) saat pembukaan acara Lakut berlangsung.

Adapun tema Lakut adalah “Optimalisai Potensi Kader, Mencetak Kader Masa Depan yang Kontributif dan Berintegritas” ujar Sovia Johar selaku Ketua Panitia. Sovia juga menyampaikan bahwa “Stadium general kali ini disampaikan oleh Bupati Bantul Bapak Abdul Halim Muslih”. Beliau banyak memberikan motivasi kepada para peserta Lakut yang salah satunya “Gapapa, semakin banyak yang meyerang, justru itu membuat NU semakin berkembang”.

Peserta Lakut dibekali beragam materi yang disampaikan oleh para narasumber yang ahli di bidangnya masing-masing. Adapun materinya adalah Aswaja dan Ke-Nu-an oleh Dr. H. Ahmad Baihej, M.Hum; Analisis dan Advokasi Kebijakan Publik oleh Moh. Zuhdan, M.A; Analisis Gender dan Kepemimpinan Perempuan oleh Khotimatul Husna, S.Ag; Gerakan Sosial Organisasi oleh Arin Mamlakah K. M.A; Peta Pergerakan Pelajar dan Metode Pengorganisasian Pelajar oleh Siti Nur Ainingsih dari PP IPPNU; Manajemen Konflik dan Teknik Konseling Sebaya oleh Sulasmi, M.Pd; Peta Pergerakan Islam di Indonesia dan Studi Ideologi Dunia oleh M. Miqdam Musawwa, M.Sc; Literasi Media oleh Gus Yusuf dan Bintang W Putra; Komunikasi-Networking-dan Lobbying oleh Achmad Zuhri, M.I.Kom; Demokrasi dan Civil Society oleh Lailatus Sa’diyah, M.Sc; serta materi terakhir yaitu Kewirausahaan oleh Gus Hifni M Nasikh, M.BA.

Puncak acara Lakut adalah prosesi “Pengukuhan Janji Kader” yang dipimpin oleh Rekanita Eka Wardani perwakilan dari PP IPPNU. “Prosesi ini berbeda dengan jenjang pengkaderan sebelumnya, jadi harapan saya benar-benar ditanamkan dalam hati kalian masing-masing” ujar rekanita Eka.

Kontributor  : Erlita Normasari

Uncategorized
Rekomendasi
Populer

1 Comment. Leave new

  • … [Trackback]

    […] There you can find 70226 additional Information on that Topic: wagers.id/rino/optimalisasi-kader-pw-ippnu-daerah-istimewa-yogyakarta-menggelar-latihan-kader-utama-lakut/ […]

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Direktori
Menu