Efek Domino Corona

Efek Domino atau reaksi berantai yang dihasilkan akibat dari penyebaran Covid-19 ini tidak menutup kemungkinan akan terjadi banyak hal setelahnya. Ada 2 pokok utama yang sudah sangat terlihat jelas akibatnya.

Pertama, rasa ketakutan yang berlebihan pada sesuatu. Selain menyerang sistem imun, virus ini secara tidak langsung menyerang hati dan jiwa sebelum pernafasan dan paru-paru. Mental seseorang bisa runtuh kalau terus-terusan digempur dengan berita-berita yang menakutkan tentang COVID-19. Mereka bahkan akan lebih cepat mengalami Drop Imuntas secara Psikologi terlebih dahulu dari pada COVID-19 itu sendiri, karena tidak ada hal yang paling cepat menyebar selain rasa ketakutan.

Kedua, Faktor yang menunjang di luar dari wabah itu sendiri, yaitu perluasan dari sosial media dan hubungan antara politik dan teritori dalam skala nasional maupun internasional. Bisa kita lihat hanya dalam kurun waktu dua minggu saja, akibat yang dihasilkan dari penyebaran COVID-19 ini begitu signifikan. Mulai dari Sektor pariwisata yang menurun drastis, pembatasan dan larangan keluar masuk negara tertentu, larangan export dan import barang, pasar modal yang merosot tajam, rupiah yang semakin melemah, dan terpuruknya perekonomian negara.
Maka tak heran, kita akan segera masuk ke permasalahan paling vital itu sendiri yaitu dalam perekonomian, bayangkan akan ada berapa banyak orang yang akan kehilangan pekerjaan dan penghasilannya akibat dari Corona. Tukang parkir, tukang becak, pedagang kaki lima, marcent mall, pertokoan, rumah makan, pasar tradisional dan apapun itu pasti akan terkena dampaknya.
Efek Domino yang tak kalah buruk adalah meningkatnya kredit macet dan menurunnya daya beli masyarakat secara ekstrim. Kedua hal ini salah satu yang dapat mengancam terjadinya krisis moneter.

Dalam kondisi seperti ini jelas rakyat sangat bergantung pada pemerintah dan stake holder-stake holder, yang memang seharusnya menangani permasalahan yang ada. Terkait kebijakan-kebijakan yang akan diambil bagaimana dalam waktu-waktu genting ini. Itu yang akan menentukan masa depan bersama.

Rekomendasi
Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Direktori

Berbagi kebaikan dengan menulis di wagers!

Menu